1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Jepang Siapkan Medali Olimpiade dari Limbah Ponsel Pintar

Hal ini dikarenakan mereka memiliki kekayaan alam yang terbatas.

By Nur Chandra Laksana 28 Agustus 2016 18:33
Ilsutrasi Tumpukan Ponsel Pintar (mobilejankari.com)

Money.id - Pagelaran Olimpiade Barazil 2016 memang suah berakhir. Selanjutnya, Jepang didapuk menjadi tuan rumah olimpiade internasional tersebut pada 2020 mendatang.
Meskipun masih terhitung empat tahun lagi, namun Jepang sudah sedari kini mempersiapkan pagelaran akbar tersebut.

Bahkan seperti dilansir dari laman Bussiness Insider, mereka telah mengumumkan ada yang spesial dari medali bagi para pemenang. Jepang akan menggunakan limbah ponsel pintar untuk membuat medali tersebut. Hal ini langsung disebutkan oleh panitia olimpiade Jepang 2020.

Hal ini dilakukan untuk menunjukkan tingginya kesadaran terhadap lingkungan. Bahkan, gagasan ini sudah dibahas komite penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo, Kementerian Lingkungan Hidup, Pemerintah Metropolitan Tokyo, perusahaan telekomunikasi NTT DoCoMo, perusahaan Tanaka Kikinzoku Kogyo, dan beberapa perusahaan daur ulang.

Membuat medali dari limbah elektronik menurut Nikkei tentu membutuhkan jumlah bahan dasar yang banyak. Saat Olimpiade 2012 di London berlangsung, penyelenggara Olimpiade mengungkapkan mereka butuh 9,6 kg emas, 1,2 ton perak, dan 700 kg tembaga (bahan perunggu).

Namun kenyataannya Jepang bisa mendapatkan bahan dasar lebih banyak dari hasil daur ulang limbah elektronik, yaitu 143 kg untuk emas, 1,5 ton untuk perak, dan 1.112 ton untuk tembaga.

Meski sumber daya alamnya terbatas, kandungan material emas pada bahan elektronik di Jepang bisa mencapai 16 persen dari jumlah cadangan emas yang tersebar di seluruh dunia, sedangkan perak mencapai 22 persen. Dengan begitu, ini bukan jadi perkara sulit bagi Jepang untuk mengumpulkan bahan dasar tersebut. (poy)

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section