1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Jepang Gunakan Sidik Jari sebagai Metode Pembayaran bagi Pelancong

Metode ini dilakukan untuk mempermudah para pelancong yang datang ke Jepang.

By Nur Chandra Laksana 12 April 2016 07:03
Ilustarsi Membayar Dengan Sidik Jari (gizmag.com)

Money.id - Kemudahan dalam bertransaksi kini sedang digalakkan oleh bank dan perusahaan teknologi di seluruh dunua. Sebut saja Apple Pay dan Samsung Pay, kedua metode pembayaran ini menggunakan sebuah ponsel pintar yang terhubung dengan metode pembayaran terdaftar.

Namun, Jepang, sebagai salah satu negara pelopor di bidang teknologi, tak mau ketinggalan. Alih-alih menggunakan ponsel pintar, mereka membuat sebuah metode pembayaran baru, khususnya untuk para pelancong yang datang ke negara mereka.

Dialnsir dari laman Ubergizmo, Senin 11 April 2016, Jepang kini memiliki metode pembayaran melalui dua buah sidik jari tangan para pelancong. Nantinya, para pelancong dapat membayar tagihan restoran, hotel, dan lainnya menggunakan sidik jari mereka.

Cara ini diterapkan oleh pemerintah Jepang untuk melindungi para pelancong di negara mereka. Tindak kejahatan seperti pencurian uang karena membawa terlalu banyak uang bisa dikurangi secara drastis.

Untuk sementara, metode pembayaran akan dilakukan mulai musim panas mendatang. Baru tersedia 300 gerai yang sudah siap menggunakan metode ini. Jepang sudah mempersiapkan kota Atami, Hakone, Kamakura, serta Yugawara menjadi wilayah yang pertama kali menggunakan metode ini.

Nantinya, para pelancong yang datang akan ditanyai dan diarahkan oleh petugas bandara untuk melakukan pendaftaran sidik jari dan gateway pembayaran yang dimiliki oleh para pelancong.

Metode pembayaran ini akan diperluas hingga ke seluruh kota di Jepang. Hal ini dilakukan untuk memberi kemudahan para pelancong yang akan mengunjungi Jepang untuk menyaksikan Olimpiade Musim Panas pada 2020 mendatang. (poy)

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section