1. HOME
  2. DIGITAL
STARTUP

Invasi Teknologi Canggih di Bisnis Properti

Semakin banyak teknologi canggih yang dapat diaplikasikan di industri properti.

By Adhi 16 September 2016 10:39
Ilustrasi (Lamudi Indonesia)

Money.id - Industri properti adalah salah satu motor penggerak perekonomian dalam sebuah negara. Sebab, industri ini memiliki keterikatan dengan sektor bisnis lainnya, seperti bahan bangunan, sumber daya manusia dan lain-lain.

Karena besarnya pasar yang ditawarkan, tak heran saat ini banyak perusahaan startup yang mencoba untuk mengembangkan bisnis ini. Dengan cerdik mereka menciptakan platform yang dapat membantu menstimulus keuntungan dari insdustri properti.

Inovasi teknologi di sektor real estate

Saat ini real estate komersial masih sangat terbelakang dan belum efisien; padahal kesempatan di bidang ini sangat banyak dan beragam: mulai dari aplikasi mobile, pengaktifan teknologi untuk broker, alat untuk manajemen yang tepat, dan pengumpulan dana startup.

Fundrise, adalah satu perusahaan pengumpulan dana real estate yang telah berhasil memiliki dana sebesar USD41 juta dan dengan angka itu berarti mereka telah menambah dana lebih dari 1.500% sejak awal tahun 2010.

Startup ini memberi kesempatan perusahaan real estate untuk mengumpulkan uang bersama-sama agar bisa membangun dengan cepat meskipun dana yang dimiliki kecil dengan perjanjian untuk membayarnya di kemudian hari secara konsisten.

Lalu ada juga platform Lamudi, portal properti global ini mengubah bagaimana cara membeli properti di negara berkembang. Perusahaan dari Rocket Internet tersebut kini telah beroperasi di sembilan negara di Asia dan Amerika Latin.

Dengan memiliki berbagai fitur yang user friendly, aplikasi ini kini telah mimiliki lebih dari 1 juta daftar iklan properti. Kehadiran startup real estate ini tentu akan membuat para konsumen bisa menemukan properti idaman mereka.

Inovasi lainnya berasal dari perusahaan Floored, perusahaan asal New York Amerika Serikat tersebut telah menciptakan sebah teknologi yang diberi nama virtual reality (VR).

Melalui teknologi ini, seorang pencari properti dapat melihat suasana properti yang hendak dibelinya, tanpa harus repot-repot datang ke lokasi dibangunnya properti. Baru-baru ini, Lamudi Filipina mengadakan pameran virtual reality, di sana Lamudi memberikan kesempatan kepada pengembang untuk mengeksplorasi kelebihan VR.

Masa depan portal properti

Lalu, seberapa efektifkah beriklan di portal properti? Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar sebuah iklan bisa mencuri perhatian para pembeli atau penjual properti.

Salah satunya adalah faktor fotografi, video ataupun 3D, jika memang iklan Anda ingin mendapatkan perhatian lebih maka Anda harus menggunakan foto dengan kualitas yang baik. Atau Anda juga bisa memanfaatkan teknologi virtual reality, tujuannya agar calon pembeli bisa merasakan seperti apa tinggal atau berada di dalam properti yang Anda jual.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tur 3D virtual dengan harga yang terjangkau, yakni dengan menggunakan kamera Matterport. Kamera seharga USD4500 tersebut dapat menciptakan gambar 3D ataupun 2D.

Dengan menggunakan teknologi VR, Anda dapat mendatangkan calon pembeli yang potensial, sekaligus dapat memberikan pengalaman baru untuk calon pembeli, karena mereka bisa merasakan seperti apa di dalam properti yang hendak mereka beli. (poy)

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section