1. HOME
  2. DIGITAL
INSTAGRAM

Wow! Instagram Tambah Fitur Belanja di Akun Pengguna

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menemukan dan membeli item secara mudah langsung di Instagram.

By Dian Rosalina 21 November 2016 14:15
Instagram

Money.id - Untuk semakin memanjakan para penggunanya, Instagram mulai menambahkan fitur belanja. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menemukan dan membeli item secara mudah langsung di Instagram.

Platform media sosial ini telah bermitra dengan 20 merek berbasis di Amerika Serikat, termasuk Kate Spade New York, Warby Parker, dan JackThreads.

"Menyadari bahwa pengguna sangat terbuka terhadap perubahan, dan bahwa mereka selalu butuh waktu untuk lebih memahami produk yang mereka minati, fitur yang masih dalam tahap uji coba ini akan memberikan langkah berharga saat belanja sebelum mereka melakukan pembelian," kata sebuah pengumuman di blog bisnis Instagram yang dikutip dari Fashionista, Senin 21 November 2016.

Cara belanja lewat Instagram bekerja seperti ini: Seorang pengguna akan menemukan foto dengan pemberitahuan di sudut kiri bawah yang mengatakan 'Tap to View Products'. Ini sama dengan bagaimana ikon tag pemberitahuan muncul.

Setelah foto tersebut diklik, lima tag akan muncul dengan nama produk dan harganya. Klik pada produk tertentu akan mengarahkan pengguna ke halaman terpisah--masih di Instagram--dengan informasi lebih lanjut.

Setelah itu, jika pengguna suka dengan apa yang dilihat, mereka bisa mengklik 'Shop Now', yang akan menuntun mereka langsung ke halaman akun toko online di Instagram untuk melakukan pembelian.

"Instagram dan Warby Parker berbagi apresiasi yang sama untuk desain yang indah dan pengalaman belanja yang menyenangkan. Tapi saat ini belum ada cara sederhana untuk berbagi rincian tentang produk unggulan dalam posting kami. Pelanggan sering harus bertanya kepada kami, yang menciptakan pengalaman yang tidak menyatu," kata Dave Gilboa, co-founder dan co-CEO dari Warby Parker.

Instagram belum memberitahukan bagaimana persisnya pemilik akun berpartisipasi dalam fitur ini atau bagaimana platform media sosial itu akan mendapatkan uang dari kemampuan baru ini. Meski demikian, ini merupakan keputusan cerdas bagi perusahaan untuk memasuki dunia belanja mobile.

Menurut eMarketer, 84 persen pengguna smartphone di AS mencari dan membandingkan produk di desktop atau melalui aplikasi mobile. Karena itulah sangat penting bagi merek untuk membangun kehadiran dan follower yang kuat di Instagram.

Tapi fitur ini belum ada dalam waktu dekat. Instagram akan mengujinya pada sekelompok akun terpilih di AS. Rencana akun yang diikutkan dalam uji coba akan diperluas secara global secara bertahap sambil menambahkan lebih banyak inovasi. Beberapa inovasi yang direncanakan adalah rekomendasi produk dan kemampuan bagi pengguna Instagram untuk menyimpan konten belanja untuk dilihat lagi nanti. (ita)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section