1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Trik Tambah Memori iPhone Tanpa Harus Hapus File

Jangan lupa untuk periksa sisa kapasitas penyimpanan iPhone Anda pada menu pengaturan.

By Rizki Astuti 9 April 2016 12:18
www.youtube.com

Money.id - Salah satu masalah 'terburuk' bagi para pengguna smartphone seperti iPhone kapasitas penyimpanan atau memori yang cepat penuh. Lantaran iPhone tak memiliki kapasitas penyimpanan data tambahan (MicroSD), mau tidak mau pengguna harus menghapus atau memindahkan datanya. 

Nah, tapi ada satu trik menambah kapasitas penyimpanan iPhone saat terjadi krisis ruang simpan. Trik tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang pengguna bernama eavesdroppingyou.

Dikutip dari Business Insider, Sabtu 9 April 2016, trik ini tergolong efektif dan mudah. Bahkan tak memerlukan pengetahuan teknis atau hacking.

Pengguna juga tidak perlu membeli aplikasi apa pun. Namun ingat, trik ini hanya bisa berhasil jika kapasitas penyimpanan iPhone sudah berada di bawah 1 GB.

1. Periksa sisa kapasitas penyimpanan iPhone Anda dengan buka Settings, kemudian pilih General, lalu pilih Storage & iCloud Usage. Lihat pada bagian Storage jumlah kapasitas yang masih tersisa (Available). Jika di bawah 1 GB, Anda bisa lanjut menggunakan trik ini.

2. Sekarang buka iTunes Store dan pergi ke bagian Movies. Sebenarnya trik ini akan memaksa iPhone membebaskan ruang simpan 'tersembunyi' agar film yang akan diunduh bisa muat.

Karena itu, Anda harus memilih film yang ukuran filenya lebih besar dari kapasitas ruang simpan iPhone yang masih tersisa. Itulah gunanya Anda memeriksa sisa kapasitas ruang simpan iPhone Anda di langkah pertama.

3. Sebagai contoh, Anda bisa memilih Film The Avengers yang ukuran filenya mencapai 6,51 GB. Kemudian di bagian kanan atas, pilih Rent. Jangan khawatir, karena trik ini tidak akan memotong uang Anda.

4. Karena kapasitas Anda terbatas, iPhone akan mengeluarkan pesan error tidak bisa mengunduh film. Jangan panik, justru di sinilah letak rahasia dari trik menambah ruang penyimpanan data di iPhone.

Karena error itu, penyewaan film menjadi batal dan Anda tidak dikenakan biaya. Pilih Settings untuk masuk ke tahap berikutnya.

5. Sekarang pilih General, kemudian About. Maka Anda akan melihat kapasitas ruang simpan iPhone bertambah. Anda bisa mengulangi langkah menambah ruang simpan iPhone ini berkali-kali sampai kapasitas yang diinginkan.

Namun selalu ingat, pilih film yang ukuran filenya lebih besar dari jumlah kapasitas yang masih tersisa.

Jika setelah mengulang trik itu berkali-kali dan kapasitas ruang simpan tidak bertambah, itu artinya iPhone sudah maksimal untuk menyediakan ruang bagi file film yang akan diunduh. Selamat mencoba! (els)

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section