1. HOME
  2. DIGITAL
SMARTPHONE

Indonesia Jadi Pasar Smartphone Terbesar di Asia Tenggara

Semua pasar smartphone di negara berkembang di kawasan Asia Tenggara mengalami pertumbuhan menyentuh dua digit.

By Adhi 11 Maret 2016 16:41
Ilustrasi (newsworldofindia.com)

Money.id - Lebaga riset IDC baru saja merilis laporan terkait pengapalan smartphone untuk wilayah Asia Tenggara sepanjang tahun 2015 kemarin.

Dalam laporannya, IDC menyebutkan bahwa pasar smartphone Asia Tenggara terus menunjukkan tren positif. Total pengiriman smartphone ke Asia Tenggara mencapai 100 juta unit di tahun 2015, tumbuh sebesar 22 persen dibanding tahun 2014 lalu.

IDC juga mengungkapkan bahwa semua pasar smartphone di negara berkembang di kawasan Asia Tenggara mengalami pertumbuhan tahun ke tahun (year on year) menyentuh angka dua digit. Tercatat hanya Singapura saja yang mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun sebesar 5 persen.

Menariknya, Indonesia diklaim sebagai yang paling potensial. Pasar smartpone tanah air mengalami pertumbuh sebesar 29 persen dari tahun ke tahun. Menguntit Indonesia, ada Thailand dan Filipina yang masing-masing mencatatkan pertumbuhan 22 persen dan 14 persen.

IDC sendiri memprediksi jumlah pengapalan smartphone di Asia Tenggara akan mengalami pertumbuhan sebesar 12 persen, menjadi 113 juta unit pada tahun 2016 ini.

Untuk kategori brand, Samsung masih menjadi primadona di Asia Tenggara. Vendor asal Korea Selatan tersebut mengalami pertumbuhan pengapalan produk smartphone hingga 18 persen dibanding tahun 2014.

Salah satu penyebab keunggulan Samsung, ungkap IDC, berkat faktor smartphone seri Galaxy J yang dibanderol di kisaran harga di bawah Rp2 juta.

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section