1. HOME
  2. DIGITAL

Ikut Jokowi, Bos Go-Jek Berburu Ilmu Hingga Silicon Valley

Misi utama kunjungan kenegaraan ini adalah mencari infromasi bukan investasi.

By Adhi 22 Oktober 2015 17:22
Ilusrtasi Go-Jek (go-jek.com)

Money.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menggandeng beberapa pengusaha startup Tanah Air dalam kunjungan kenegaraan ke Amerika Serikat (AS). Beberapa yang diajak melawat ke AS adalah CEO Go-Jek Nadiem Makarim, CEO Tokopedia Wiliam Tanuwidjaja, founder Kaskus Andrew Darwis, serta beberapa lainnya.

Nantinya, para petinggi startup asli Tanah Air itu akan melakukan studi banding di Silicon Valley, California, yang notabene merupakan markas besar perusahaan-perusahaan teknologi raksasa. Bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, mereka juga akan mempelajari ekosistem industri e-commerce di AS.

"Sabtu ini pergi ke AS bersama rombongan Pak Jokowi. Kita mau ketemu beberapa petinggi VC (venture capital) di Silicon Valley," ungkap Nadiem pasca acara peluncuran Go-Mart di Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2015.

Menurut keterangan Nadiem, rombongan Presiden Jokowi akan melakukan presentasi perkembangan lini bisnis startup di Indonesia di depan para petinggi VC. "Siapa tahu nanti mereka tertarik investasi," ujarnya.

Namun begitu, Nadiem menegaskan bahwa misi utama kunjungan kenegaraan ini adalah mencari infromasi dan masukan sebanyak-banyaknya terkait strategi pengembangan industri startup.

"Yang utama kita cari saran-saran dan informasi. Kita bantu pemerintah untuk membuat industri ini maju," papar Nadiem.

Sebagi informasi, VC atau venture capital adalah investor (perusahaan atau perorangan) yang menerapkan model bisnis ventura. Model bisnis ini biasanya dilakukan dengan cara penyerahan modal operasional yang dikonversikan ke dalam bentuk pembagian saham. Pemodal umumnya akan membebaskan sistem operasional startup yang mereka modali.

Rombongan Presiden Jokowi sendiri rencananya bertolak ke AS pada 24 Oktober 2015 mendatang. Dalam kunjungan kenegaraan yang akan berlangsung selaman lima hari tersebut, Presiden Jokowi diagendakan akan bertandang ke kantor pusat Apple, Google, Facebook, serta sejumlah perusahaan teknologi lainnya di lingkungan Silicon Valley, California.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section