1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Memajukan Peran IoT Untuk Pecahkan Persoalan di Indonesia

Ternyata di Indonesia sudah terdapat 3 startup yang menggunakan IoT.

By Nur Chandra Laksana 21 Juni 2016 12:01
Diskusi IoT Ideosource (money.id/ncl)

Money.id - Perkembangan Internet of Things (IoT) alias memperluas manfaat jaringan internet di Indonesia masih terbilang lambat. Namun ternyata, ada beberapa startup di Indonesia yang sudah memanfaatkan teknologi ini untuk membantu masyarakat di Indonesia.

Oleh karena itu, Ideosurce bersama International Design School (IDS) mengadakan diskusi mengenai IoT di Indonesia. Acara ini berlangsung pada Senin 20 Juni 2016 di kampus IDS di Jakarta.

"Menurut saya, ke depannya akan makin banyak inisiatif IoT yang berperan dalam memecahkan problem di berbagai bidang berbeda," tutur Managing Partner Ideosource, Andi S. Boediman.

Saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada beberapa startup yang memanfaatkan teknologi IoT. Beberapa startup itu adalah Turingsense, eFishery, dan juga Telinga Musik Indonesia (TELMI).

Untuk Turingsense sendiri, memiliki sebuah produk yang dapat membantu atlet belajar bermain tenis tanpa harus didampingi pelatih. Dengan menggunakan teknologi berbasis Cloud, pengguna dapat dengan mudah mensinkronosisasi gerakan melalui sensor dengan computing system yang berada di cloud.

Setelah itu ada eFishery. Startup yang dibuat untuk mempermudah pembudi daya ikan untuk memberi pakan ini dipercaya dapat menghemat pemberian pakan yang selalu menjadi keluhan para petani. Selain itu, data yang didapatkan oleh alat ini nantinya akan dikirim ke cloud untuk dicatat pendataaan sehingga pembudi daya ikan dapat memantau perkembangan ikan ternak mereka.

Yang terakhir, adalah TELMI. Alat yang berjalan hanya menggunakan mini computer raspberry Pi ini dapat mendeteksi sebuah lagu dengan cara mengkoleksi data dan dikirim lalu diproses oleh cloud. Startup ini sengaja dibuat untuk para pemegang royalti sebuah musik untuk mendapatkan hak mereka saat sebuah lagu diputar di sebuah loaksi komersil.

Selain ketiga startup tersebut, Andi juga berharap kedepannya akan ada beberapa startup lagi yang bisa memanfaatkan teknologi IoT tersebut. Pasalnya Andi menyebutkan bahwa Ideosource siap mendanai startup tersebut bila mana masuk dalam persyaratan mereka.

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section