1. HOME
  2. DIGITAL
SMARTPHONE

Hore, Tarif Telepon Beda Operator Bakal Turun!

Efek dari penurunan tarif interkoneksi akan berimbas ke pelanggan ritel operator telekomunikasi.

By Adhi 19 Mei 2016 13:45
ILustrasi (nivatel.com)

Money.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan, jika hari ini dirinya akan melakukan pertemuan dengan para bos operator telekomunikasi. Tujuan dari pertemuannya itu, dalam rangka menyampaikan soal keputusan pemerintah tentang penurunan tarif interkoneksi (telepon antar operator).

"Saya akan bertemu dengan semua CEO. Kalau semua oke, kita langsung umumkan," ujarnya saat ditemui pada acara diskusi 4G: Unfinished Business di Balai Kartini, dikutp dari laman Merdeka.com. Jumat 19 Mei 2016.

Meski begitu, Menkominfo enggan untuk membeberkan angka pastinya di depan awak media. Kata dia, patokan penurunan tarif interkoneksi, sesuai dengan keinginan yang ia harapkan.

"Besarannya udah ditentukan. Kisaran harga sudah ada. Soal besarannya, kan sudah saya kasih tahu. Ya, di atas 10 20 persen lah. Ini kan karena kalau melihat biaya teknologi pada tahun 2006 itu harusnya bisa turun signifikan, turun setengahnya," jelasnya.

Dia juga mengatakan, efek dari penurunan tarif interkoneksi akan berimbas ke pelanggan ritel operator telekomunikasi. Pasalnya dengan penurunan tariff interkoneksi ini, pelanggan akan dapat merasakan tariff murah untuk melakukan telepon beda operator.

Di samping itu, akan terasa juga pada pengurangan pada peredaran kartu SIMCard. Hal itu sebagaimana diketahui, banyak pengguna selular yang memiliki kartu SIMCard lebih dari satu.

Sebelumnya, aturan tarif interkoneksi bisa tuntas pada akhir tahun 2015, sehingga pada tahun 2016 sudah diberlakukan pengaturan interkoneksiyang baru. Karena masih alot pembahasannya, maka hingga saat ini belum ada keputusan.

Baca juga:

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section