1. HOME
  2. DIGITAL

Hati-hati! Fitur Baru Facebook Ancam Privasi Pengguna

Menurut hasi studi perusahaan keamanan komputasi Kapersky Lab, terdapat beberapa implikasi negatif dari fitur ini.

By Adhi 30 Oktober 2015 18:00
Facebook Search FYI (technewstoday.com)

Money.id - Baru-baru ini, Facebook meluncurkan sebuah fitur pencarian baru. Fitur ini disebut Search FYI.

Tom Stocky, Vice President Search di Facebook mengatakan, "Ketika sesuatu hal terjadi di dunia, orang-orang biasanya berpaling ke Facebook untuk melihat reaksi dari teman-teman serta keluarga mereka. Kami memperbaharui Facebook Search sehingga selain dari teman dan keluarga, Anda dapat mengetahui apa yang orang lain kemukakan mengenai topik yang Anda anggap penting."

Meski terdengar hebat dan sangat membantu pengguna, faktanya, menurut hasi studi perusahaan keamanan komputasi Kapersky Lab, terdapat beberapa implikasi negatif dari fitur ini.

Serupa dengan mesin pencari Google, Facebook Search FYI mengurutkan setiap posting agar memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian. Yang menjadi kekhawatiran, ini artinya setiap posting yang di-upload dapat dicari dan ditemukan oleh seluruh pengguna Facebook.

Bagi orang-orang yang telah menjadi pengguna sejak lama, tentunya ada beberapa posting yang mungkin saja tidak ingin diekspos ke seluruh pengguna Facebook.

Lalu apa yang harus dilakukan? Dalam keterangan persnya, Kapersky Lab menyarankan agar para pengguna melakukan pengaturan privasi. Ini berarti pengguna hanya akan berhubungan dengan orang-orang yang dikenal saja dan membatasi jangkauan bagi orang-orang tertentu yang dapat melihat posting.

Jika belum melakukan pemeriksaan privasi di Facebook, silahkan ikuti langkah-langkah mudah di video Kaspersky Lab yang tersedia di Securelist.com berikut ini.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section