1. HOME
  2. DIGITAL
INTERNET

Google Peringati Hari Lahir Seniman Abstrak Modern Asal Swiss

Sophie Taeuber-Arp dikenal memiliki banyak bakat, mulai dari melukis, pematung, dan bahkan ia juga mahir menari.

By Adhi 19 Januari 2016 12:23
Google Doodle Sophie Taeuber-Arp (google.com)

Money.id - Seperti biasa, Google menyempatkan untuk merayakan hari spesial lewat tampilan Doodle di laman muka mesin pencari mereka. Hari ini, Selasa 19 Januari 2016, Google Doodle memperingati ulang tahun ke-127 seorang seniman wanita asal Swiss bernama Sophie Taeuber-Arp.

Mungkin tak banyak dari kita yang mengenalnya. Sophie lahir di Davos, Swiss pada 1889, wanita yang tutup usia pada 13 Januari 1943 ini memulai karir seninya ketika memutuskan untuk mengenyam pendidikan di School of Applied and Free Art, Munich, Jerman, sebelum akhirnya pindah ke Zurich pada 1915.

Di Zurich, pada sebuah pameran di Galeri Tanner, ia bertemu dengan Dada Artist Jean Arp, lalu mereka menikah pada tahun 1922.

Sophie Taeuber-Arp diajarkan tenun dan seni tekstil lainnya di Zurich Sekolah Seni dan Kerajinan dari 1916 ke 1929. Dari situlah ia mulai dikenal dengan berbagai macam karyanya yang mengagumkan.

Sophie Taeuber-Arp dikenal memiliki banyak bakat, mulai dari melukis, pematung, dan bahkan ia juga mahir menari. Ia dianggap sebagai salah satu seniman paling penting dari abstraksi geometris dari abad ke-20.

Menariknya, Sophie adalah satu-satunya wanita di seri mata uang kertas Swiss, potretnya terpampang di pecahan 50 franc sejak tahun 1995. Sebuah museum untuk menghormati pasangan Taeuber-Arp dan Jean Arp dibuka pada tahun 2007 di Rolandseck, Jerman.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section