1. HOME
  2. DIGITAL
GOOGLE

Google Khusus untuk Anak Dijamin Bebas LGBT

Kiddle memanfaatkan teknologi Google Custom Search dan Google Safe Search.

By Adhi 2 Maret 2016 14:38
www.kiddle.co

Money.id - Google telah merilis mesin pencari (search engine) terbaru yang dikhususkan untuk para pengguna internet di bawah umur bernama Kiddle.

Selain melakukan penyensoran terhadap berbagai konten pornografi dan kekerasan, di Kiddle, Google menjamin tidak akan ditemukan konten-konten seputar Lesbian, Gay, Bisexual dan Transgender (LGBT). Proses pencegahan dilakukan Google dengan memasukkan sejumlah keyword terkait LGBT ke dalam kategori 'bad words'.

Dilansir laman Mashable, Rabu 2 Maret 2016, Kiddle dapat diakses melalui alamat situs www.kiddle.co. Sedikit berbeda dengan Google Search, laman muka Kiddle dibuat sedemikian rupa agar menarik perhatian anak-anak.

Dari segi pengamanan konten, Kiddle memanfaatkan teknologi Google Custom Search dan Google Safe Search. Teknologi ini mengadopsi algoritma khusus untuk menampilkan hasil pencarian yang relevan dengan kebutuhan anak-anak.

Google mengklaim bahwa mereka telah mempersiapkan tim khusus untuk menangani dan mengawasi Kiddle. Dengan begini, Google menjamin keyword apapun yang dicari melalui Kiddle akan memberi hasil yang 'ramah anak tanpa konten eskplisit'.

Bahkan, jika Kiddle menemukan penggunanya memakai kata-kata yang tak pantas atau konten yang tak sesuai, maka akan langsung dimunculkan peringatan untuk tidak mengaksesnya, sekaligus memblokir konten tersebut.

Google berharap para orangtua di rumah mulai mengarahkan anak-anak mereka untuk mengakses Kiddle, bukan Google Search.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section