1. HOME
  2. DIGITAL
BISNIS ONLINE

Evolusi Bisnis Digital, Sekarang Zamannya 'Konten Marketing 2.0'

Konten marketing 2.0 merupakan evolusi dari sistem pemasaran online.

By Adhi 6 April 2016 14:29
Ilustrasi (Marketingland.com)

Money.id - Bisnis digital berbasis internet begitu kompleks dan berkembang dengan pesat. Internet kini mejadi salah satu platform pemasaran (marketing) paling efektif bagi sebuah brand.

Sebuah konten yang kreatif yang didukung oleh channel media yang related, terbukti mampu mendongkrak awareness sebuah brand. Cara baru itu bisa disebut juga dengan strategi konten marketing 2.0.

Menurut Chief Marketing Officer KapanLagi Network (KLN), Ben Soebiakto, pada dasarnya konten marketing 2.0 ini merupakan pengembangan dari advertorial yang lebih menitikberatkan pemasaran melalui konten yang lebih soft. Tidak hard selling.

"Kalau dulu kan kita kenalnya advertorial. Advertorial adalah konten yang dipakai oleh sebuah brand untuk mempromosikan konten seperti bacaan, foto, review sebuah produk, dan lain sebagainya. Tapi, saat ini media baru yang berbentuk online kan udah semakin berkembang dan advertorial kini juga sudah berubah bentuknya," ujarnya di acara Echelon Indonesia 2016 di Jakarta, Rabu 6 April 2016.

Ben mencontohkan, saat ini misalnya sebuah brand bisa membuat konten cerita yang berseri dengan menggunakan platform video. Dengan menggunakan platform tersebut, sebuah brand bisa menceritakan rangkaian keunggulan produk besutannya secara terpisah-pisah.

"Contohnya perusahaan handphone seperti LG atau Huawei, dia kan pasti punya banyak fitur. Dari banyaknya fitur itu, brand bisa menyampaikan pesannya secara berseri," jelasnya seperti dikutip dari laman Merdeka.com.

Meski konten marketing 2.0 ini tengah menjadi tren saat ini, namun tingkat kesuksesannya itu tergantung dari pola pendistribusian konten tersebut. Artinya, tidak bisa hanya mengandalkan pendistribusian satu platform saja. Tujuannya, tentu agar konsumen merasa 'dikepung' oleh informasi dari brand tersebut.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section