1. HOME
  2. DIGITAL
SAMSUNG

Dijual Rp8,9 Juta, Biaya Produksi Samsung Galaxy S7 Cuma Rp3 Jutaan

Jumlah tersebut belum termasuk biaya pengembangan software, desain, pemasaran, serta pengapalan.

By Adhi 15 Maret 2016 17:30
Samsung Galaxy S7 (Androidcentral.com)

Money.id - Samsung telah membuka masa pre order untuk seri Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge di Indonesia sejak 27 Februari hingga 13 Maret. Pada tanggal 25 Maret mendatang, rencananya para konsumen sudah akan menerima unit smartphone yang mereka pesan.

Di Indonesia, Samsung membanderol Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge dengan kisaran harga Rp8,9 hingga Rp10,9 juta. Banderol yang cukup tinggi mengingat keduanya merupakan varian smartphone segmen premium dengan spesifikasi dan fitur mumpuni.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya modal komponen yang dikeluarkan Samsung untuk satu unit Galaxy S7 hanya Rp3 jutaan?

Menurut hasil penelitian IHS (Information Handling Service), biaya komponen untuk satu unit Galaxy S7 diperkirakan hanya sekitar US$255 atau setara Rp 3,3 jutaan.

Lebih jauh dirincikan, komponen paling mahal yang terdapat pada Galaxy S7 adalah chip prosesor Snapdragon 820 dengan harga US$62 atau setara Rp 800 ribuan. Bila di persentasekan, harga prosesor ini berkontribusi sebesar 25 persen dari total modal komponen Galaxy S7.

Komponen lainnya yang terhitung cukup mahal adalah kamera berteknologi dual pixel. IHS mengungkap harga kamera tersebut berada di kisaran US$13,7 atau sekitar Rp177 ribu. Ada pula biaya perakitan akhir sebesar US$5 atau Rp64 ribu.

Sisanya, ada biaya layar yang juga cukup mahal (hampir setara harga prosesor), audio, serta sejumlah komponen elektrik lainnya.

Lalu, mengapa harga pasarannya jauh lebih mahal?

Jawabannya, karena harga pasaran tidak semata-mata berdasarkan modal komponen dan perakitan saja. Total modal komponen sebesar Rp3,3 juta tersebut belum termasuk biaya pengembangan software, desain, serta pemasaran.

Belum lagi, Samsung juga harus menanggung biaya pengapalan demi kebutuhan distribusi unit ke berbagai penjuru dunia.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section