1. HOME
  2. DIGITAL
BISNIS PROPERTI

Dibanding Pria, Wanita Lebih Getol Cari Properti Online

Mungkinkah membeli rumah adalah aktivitas yang hanya dilakukan oleh kaum pria?

By Adhi 14 Agustus 2016 14:30

Money.id - Portal properti global Lamudi, baru-baru ini merilis sebuah riset yang menujukkan bahwa teryata kebayakan pencari properti melalui internet didominasi oleh kaum Hawa.

Contohnya di Filipina, berdasarkan hasil survey yang dilakukan Lamudi di sana, menunjukkan 62 persen pencari properti online adalah perempuan. Sementara untuk di Indonesia, 52 persen pencari properti online merupakan laki-laki dan 48 persennya adalah perempuan. Diperkirakan angka ini akan terus bertumbuh menjadi 50:50 ke depannya.

Peningkatkan pencarian properti yang dilakukan oleh perempuan juga terjadi di Arab Saudi, negara yang dianggap membatasi kebebasan perempuan tersebut menujukkan 44 persen pencari properti adalah perempuan, angka ini lebih baik jika dibandingkan dengan Meksiko (38 persen).

Namun, fakta menarik tersebut ternyata tidak terjadi di Bangladesh, di sana kaum Adam masih mendominasi pencarian properti, berdasarkan data tercatat 80 persen dari lalu lintas online berasal dari laki-laki. Begitu juga di Pakistan dimana sekitar 70 persen dari lalu lintas pencari properti adalah laki-laki dengan rentan usia 25 dan 34.

Tampaknya, norma gender dalam satu budaya berlaku untuk hal tertentu dari kehidupan. Mungkinkah di beberapa negara masih beranggapan bahwa membeli rumah adalah satu aktivitas yang hanya dilakukan oleh kaum pria?

Menurut Managing Director Lamudi Indonesia, Mart Polman, pihaknya saat ini sedang mengamati perubahan gender pencari properti di berbagai negara.

"Dari 13 negara tempat perusahaan kami beroperasi, beberapa diataranya adalah penganut paham bahwa membeli rumah adalah tugas seorang pria, sehingga dengan adanya platform properti daring maka permasalahan gender akan menjadi hilang," kata Mart dalam keterangan persnya.

Artinya, lambat laun nanti pencarian rumah yang dahulunya dikenal sebagai tugas seorang pria juga akan banyak dilakukan oleh perempuan. Masa depan real estate terbuka untuk perempuan dan portal properti online memfasilitasi perubahan tersebut. (dwq)

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section