1. HOME
  2. DIGITAL
ANDROID

Cara Lenyapkan Data Pribadi di Smartphone Android

Data-data pribadi Anda di smartphone Android tidak akan sepenuhnya hilang meski telah melakukan factory reset.

By Syahid 6 Oktober 2015 16:00
Factory reset di smartphone Android (androidheadlines.com)

Money.id - Pastinya banyak dari kita yang menyimpan berbagai jenis data pribadi seperti foto, kontak kerabat dan rekan kerja, catatan keuangan, atau bahkan data perusahaan yang sangat sensitif di smartphone Android. Jika iya, maka berhati-hatilah!

Menurut riset perusahaan keamanan Avast Software, data-data pribadi Anda tersebut tidak akan sepenuhnya hilang meski telah dihapus menggunakan fitur factory reset atau delete all yang tersedia. Sebab, data-data Anda secara tidak disadari tetap meninggalkan "jejak" di memori internal smartphone Android.

Dengan bantuan sejumlah software khusus, data-data tersebut dapat dimunculkan kembali. Nah, bagaiman jika data-data rahasia tersebut sampai jatuh ke tangan pihak-pihak yang bertanggung jawab?

Melakukan kedua langkah tersebut (fitur factory reset atau delete all) mungkin tidak cukup untuk menghilangkan data pribadi Anda secara permanen. Agar keamanan Anda lebih terjamin dan hatipun tenang, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan guna menghilangkan data pribadi Anda di perangkat Android secara permanen:

1. Enkripsi

Anda disarankan untuk mengenkripsi perangkat sebelum melakukan wipe (hapus data). Proses enkripsi akan mengacak data pada perangkat Anda dan diperlukan langkah khusus untuk menguraikan enkripsi yang telah Anda terapkan.

Untuk melakukan langkah enkripsi di perangkat Android, Anda bisa lakukan dengan masuk ke menu Setting > Security > dan pilih Encrypt Phone.

2. Melakukan factory reset

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan factory reset (reset pabrik). Hal ini dapat dilakukan dengan masuk ke menu Setting > Back Up and Reset > lalu pilih Factory Data Reset.

Anda harus mengetahui bahwa langkah ini akan menghapus semua data pada ponsel Anda. Oleh karena itu Anda harus mem backup data terlebih dulu jika ada data penting yang perlu diselamatkan.

3. Masukan data palsu

Seharusnya langkah pertama dan kedua sudah cukup bagi kebanyakan orang. Namun kami sarankan Anda melakukan langkah tambahan, yakni dengan memasukan foto dan kontak palsu pada perangkat Anda.

4. Lakukan factory reset sekali lagi

Sekarang Anda harus melakukan factory reset sekali lagi untuk menghapus konten palsu yang Anda masukan pada perangkat Anda. Ini akan membuat pihak lain semakin sulit untuk menemukan data pribadi Anda, karena data asli telah tertutupi oleh data palsu. (AM/ita)

(s)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section