1. HOME
  2. DIGITAL
STARTUP

California Punya Silicon Valley, Jakarta Punya 'Slipicon Valley'

Di Jakarta pun secara tak disadari, ada wilayah yang menjadi pusat berkumpulnya kantor-kantor startup.

By Adhi 11 Maret 2016 18:01
Ilustrasi (computing.co.uk)

Money.id - Sejak awal tahun 1970-an, bagian utara lembah Santa Clara atau sebelah selatan San Francisco Bay, California, Amerika Serikat sudah menjadi pusat inovasi dalam bidang teknologi, elektronik, dan sains.

Maka jangan heran jika wilayah yang dikenal dengan sebutan 'Silicon Valley' tersebut identik sebagai 'markas besar' sejumlah perusahaan raksasa di industri teknologi dan internet. Sebut saja Google, Facebook, Twitter, Apple, eBay, hingga startup populer seperti Uber, Path dan Snapchat, semuanya berkantor pusat di sana.

Nah, ternyata di Jakarta pun secara tak disadari ada wilayah yang menjadi pusat berkumpulnya kantor-kantor startup berbasis teknologi dan internet.

Menurut laporan laman Qerja.com, Slipi (Jakarta Barat) telah menjadi 'kandang' bagi sejumlah startup terbaik yang beroperasi di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Rumahku.com, Kurio, Tokopedia, Traveloka, Berrybenka, Bilna, Qerja, Migme, Cekaja, BliBli, serta Infokost.id.

Maka tak heran jika Slipi kini mendapat julukan 'Slipicon Valley' dan menjadi daerah konsentrasi komunitas startup di Jakarta.

Untuk lebih jelasnya, simak infografis rilisan Qerja.com berikut ini:

 (ita)

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section