1. HOME
  2. DIGITAL
FACEBOOK

Bos Microsoft & Facebook Kompak Kembangkan Energi Nol-Emisi

Perubahan iklim ekstrim yang terjadi membuat sejumlah tokoh teknologi dunia bersatu untuk mencari solusi.

By Nur Chandra Laksana 30 November 2015 18:00
Bill Gates dan Mark Zuckerberg (wired.com)

Money.id - Dua ikon dunia teknologi, Bill Gates dan Mark Zuckerberg, dilaporkan bahu-membahu untuk mengatasi perubahan cuaca yang sekarang sedang terjadi. Pendiri Microsoft dan CEO Facebook itu tengah bekerjasama mengembangkan proyek terbaru mereka yang akan bergerak di pengembangan teknologi ramah lingkungan bertajuk "Breakthrough Energy Coalition."

Proyek ini memfokuskan diri di bidang investasi teknologi energy nol-karbon di seluruh dunia. Tak hanya Bill Gates, acara yang diusung oleh Zuckerberg beserta istri, Pricilia Chan, oganisasi ini juga diikuti oleh beberapa tokoh dunia teknologi lainnya seperti Richard Branson, Jeff Bezos, Jack Ma, dan Masayoshi Son.

Bill gates sudah mengeluarkan dana pribadi sebesar US$2 miliar, atau sekitar Rp 27 ribu triliun. Dengan uang ini, Bill Gates menjadi salah satu partner dengan penyumbang terbesar di sejarah pendanaan riset pengembangan energi ramah lingkungan.

Diresmikannya rogram yang digawangi sejumlah tokoh dunia teknologi ini juga bersamaan dengan diadakannya gelaran Climate Control Conference oleh PBB di Paris pekan depan. Di acara tersebut, Bill Gates dan Presiden Barrack Obama dijadwalkan untuk mengumumkan prakarsa penting yang disebut "Mission Innovation," program pemerintah untuk menambah ivestasi publik dalam ranah penelitian energi ramah lingkunagan untuk kurun waktu 5 tahun mendatang.

Dilansir dari Washington Post, 30 November 2015, 19 uang sudah begabung dengan Mission Innovation akan meningkatkan pendaanaan tahunan untuk penelitian dan pengembangan enegri nol-emisi dengan target sebesar US$20 miliar atau sekitar Rp275 triliun pada tahun 2020. (ary)

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section