1. HOME
  2. DIGITAL
TEROR PRANCIS

Begini Cara Pelaku Teror Paris Berkomunikasi via PS4

PS4 dibekali dengan fitur online yang disebut dengan PlayStation Network (PSN).

By Adhi 18 November 2015 18:42
PlayStation 4 (theblaze.com)

Money.id - Pernyataan Menteri Keamanan dan Dalam Negeri Belgia, Jan Jambon, membuat publik terhenyak. Ia menduga para pelaku serangan teror Paris memanfaatkan platform konsol game PlayStation 4 (PS4) sebagai alat komunikasi.

Meski belum ada bukti kuat, namun pihak Sony sendiri mengakui bahwa fitur game online yang tersedia pada konsol game besutannya itu memang mungkin saja disalah gunakan.

"PS4 mampu menciptakan jalur komunikasi bagi para penggunanya, sehingga memiliki potensi disalahgunakan," terang juru bicara Sony seperti yang dikutip dari laman Eurogamer.

Baca juga: Pelaku Teror Paris Gunakan PS4 untuk Koordinasi Serangan?

Lalu, jika memang benar adanya, bagaimana sebenarnya cara para pelaku teror Paris memanfatkan PS4 sebagai serana komunikasi?

PS4 adalah konsol game generasi terbaru dari Sony. Konsol game ini dibekali dengan fitur online yang disebut dengan PlayStation Network (PSN). Melalui fitur ini, pengguna bisa membeli permainan secara online dan menjalin komunikasi dengan pengguna lainnya yang sama-sama menggunakan fitur PSN.

(Tampilan PlayStation Network / geekwire.com)

Selain itu, PSN juga bisa berfungsi seperi media sosial, dimana penggunanya bisa saling mem-posting pencapaian mereka dalam sebuah judul game yang dimainkan.

Baca juga: Sony Akhirnya Buka Suara PS4 Jadi Alat Komunikasi ISIS

Dengan kata lain, PSN adalah platform online yang dapat dimanfaatkan oleh para pemilik PS4 untuk saling terkoneksi, berbagi, sekaligus menjadi toko online tempat para pengguna membeli berbagai judul game terbaru.

Besar kemungkinan, platform PSN inilah yang diduga Jambon dimanfaatkan para pelaku teror sebagai sarana mereka berkomunikasi.

Jalur komunikasi paling aman

"PS4 digunakan oleh agen ISIS untuk saling berkomunikasi. Komunikasi menggunakan PS4 jauh lebih sulit dilacak dibanding WhatsApp," kata Jambon seperti dikutip dari laman Forbes.

Pernyataan Jambon tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, Sony memang berkewajiban melindungi privasi para pengguna PSN. Komunikasi antar pengguna PSN dienkripsi agar tidak mudah dimata-matai oleh para hacker jahat. Apalagi, PSN juga merupakan toko online dimana di dalamnya terjadi transaksi finansial yang pastinya menjadi target operasi para hacker.

Namun begitu, pihak Sony menegaskan, "Jika kami mengindentifikasi ada tindakan ilegal, kami pasti akan langsung menindaklanjutinya dengan melibatkan otoritas berwenang."

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section