1. HOME
  2. DIGITAL
GOOGLE

Begini Cara Google Maps Memperlancar Perjalanan Mudik Anda

Google Maps adalah layanan navigasi yang sangat bermanfaat pada momen mudik lebaran.

By Adhi 15 Juni 2016 17:09
Google Maps (tangerinetravel.com)

Money.id - Data Google Trends (google.com/trends) sepanjang minggu ini menunjukkan aktifnya netizen Indonesia dalam menelusuri informasi terkait berbagai rutinitas di bulan puasa.

Beberapa penelusuran seperti "menu sahur praktis", "tips wisata saat puasa", hingga "playlist video untuk ngabuburit", menjadi sesuatu yang paling dicari informasinya oleh netizen Indonesia di awal bulan puasa.

Tren pencarian seperti ini memang kerap terjadi selama bulan Ramadan, di mana netizen Indonesia mengandalkan teknologi untuk menjalani aktivitas keseharian di bulan puasa. Mulai dari mencari informasi terkait resep sahur dan berbuka, mencari masjid terdekat, hingga merencanakan persiapan mudik.

Nah, untuk urusan mudik, Google Maps adalah layanan navigasi yang sangat bermanfaat pada momen itu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan Google Maps untuk membantu kegiatan mudik Anda:

1. Ukur waktu tempuh dengan memasukkan beberapa tempat sekaligus. ​Baru-baru ini Google Maps meluncurkan fitur baru di mana Anda bisa memasukkan beberapa tempat sekaligus dalam satu kali navigasi. Misalnya Anda tengah menyetir ke poin A, dan Anda kehabisan bensin saat perjalanan mudik dan harus mencari pom bensin.

Anda hanya perlu mengklik ikon kaca pembesar, kemudian memilih opsi pom
bensin. Secara otomatis Google Maps akan melakukan detour dan memberitahu Anda berapa lama waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju poin A.

2. Gunakan fitur Street View untuk mengecek kondisi sekitar hotel. ​Seperti orang kebanyakan, mungkin Anda memesan hotel melalui situs online. Jika Anda ingin tahu seperti apa area di sekitar hotel yang Anda akan pesan, atau Anda ingin memastikan jika hotel Anda dekat dengan restoran atau mini market, gunakan fitur Street View di Google Maps untuk mengeksplor secara virtual.

Ketik nama hotel di Google Maps, kemudian drag ikon robot kuning di pojok kanan bawah ke atas nama hotel Anda. Voila, Anda telah berada di sana.

3. Manfaatkan fitur Offline, menggunakan fitur Google Maps dengan atau tanpa koneksi Internet. Menggunakan Google Maps di area dengan koneksi yang tidak stabil bisa membuat frustasi, apalagi saat Anda harus mencari alamat di area yang asing bagi Anda.

Google Maps sekarang memiliki fitur di mana Anda bisa menyimpan area yang akan Anda kunjungi di ponsel dari jauh-jauh hari, sehingga saat Anda berada di tujuan tanpa Internet/Wi-Fi, Anda tetap bisa menggunakan navigasi Google Maps dengan lancar, seolah Anda sedang online.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section