1. HOME
  2. DIGITAL
GOOGLE

Asyiknya, Bos Google Diganjar Bonus Rp2,7 Triliun

Jajaran eksekutif Google lainnya juga dikabarkan mendapat hadiah yang jumlahnya cukup mencengangkan.

By Adhi 10 Februari 2016 06:59
CEO Google, Sundar Pichai (idntimes.com)

Money.id - Bagai tertimpa 'durian runtuh'. CEO Google Sundar Pichai baru-baru ini dilaporkan mendapatkan bonus 270 ribu lembar saham senilai US$199 juta, atau setara dengan Rp2,7 triliun.

Tak hanya Pichai, sejumlah jajaran eksekutif Google lainnya juga dikabarkan mendapat hadiah yang jumlahnya cukup mencengangkan. CFO Google Ruth Porat contohnya, ia mendapatkan bonus lembar saham senilai US$38,3 juta atau lebih dari Rp522 miliar.

Sementara Diane Green selaku VP Cloud Business Google diganjar bonus senilai US$42,8 juta atau sekira Rp583 miliar.

Menurut yang dilansir laman Bloomberg, Selasa 9 Februari 2016, pengucuran bonus kepada jajaran eksekutif ini seiring dengan performa bisnis Google yang terus bertumbuh pesat.

Hingga akhir 2015 kemarin, Google dilaporkan berhasil membukukan keuntungan lebih dari US$500 miliar, atau sekitar Rp6.500 triliun. Mereka bahkan sempat menggeser Apple sebagai perusahaan paling bernilai di dunia.

Sundar Pichai

Sundar Pichai sendiri menjabat sebagai CEO Google sejak Agustus 2015 lalu. Tepatnya saat Google memutuskan untuk melakukan restrukturisasi perusahaan dengan menjadi bagian dari induk perusahaan baru yang mereka dirikan, Alphabet.

Pichai terlahir di Tamil Nadu di tahun 1972. Ayahnya adalah seorang teknisi listrik. Sejak kecil, dia sudah menunjukkan ketertarikan pada pekerjaan ayahnya dan barang elekronik yang ada di rumahnya, meski barang elektronik yang ada tidak banyak.

Pada usia 12 tahun, keluarga Pichai baru memiliki telepon rumah. Saat itulah, dia mengenali salah satu bakatnya, mengingat angka dengan mudah. Pichai cukup memencet nomor telepon satu kali dan angka itu akan menempel di otaknya, dan bakat ini sangat berguna ketika dia bekerja di Google, manakala harus menyampaikan statistik suatu produk.

Di Google, Pichai menjadi bintang dalam sekejap. Bergabung pada 2004, Pichai didapuk sebagai pimpinan divisi Chrome. Lalu, ia pun diberi tugas inti untuk menangani divis sistem operasi Android.

Tak cukup sampai di situ, tanggung jawab Pichai juga meliputi berbagai produk unggulan Google seperti Google Maps, Google Drive dan Chromebook OS.

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section