1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Anak Usaha Bank Mandiri Gelontorkan Rp500 Miliar Cari Startup Fintech

Mereka menargetkan untuk menjaring tiga hingga lima startup per tahun.

By Nur Chandra Laksana 3 September 2016 15:03
MCI Dalam Acara Indonesia Fintech Festival & Conference (merdeka.com)

Money.id - Melihat iklim startup di Indonesia kian meningkat setiap tahunnya, Bank Mandiri mulai melirik bidang usaha tersebut. Oleh karena itu, mereka mendirikan anak perusahaan yang akan fokus di bidang pendanaan startup yang bernama Mandiri Capital Indonesia (MCI).

Tak mau terlihat tanggung-tanggung, MCI menargetkan investasi ke tiga hingga lima startup setiap tahunnya. Oleh karena itu, Bank Mandiri berani mengucurkan dana hingga Rp500 miliar untuk mereka.

"Dari alokasi dana Rp 500 miliar, yang sudah digunakan Rp200 miliar sejak tahun lalu," kata Presiden Direktur MCI Eddi Danusaputro, seperti dikutip dari laman Merdeka.com.

Terlebih lagi, pendanaan tersebut juga akan digunakan untuk membiayai inkubasi sekitar 14 startup yang sudah berjalan selama enam bulan. Kebanyakan startup ini berjalan di bidang financial technologi (fintech).

"Targetnya bikin startup tahun ini. Jadi setelah enam bulan, startup yang ikut program Mandiri Inkubator diharapkan memiliki produk untuk diuji. Jika layak investasi, Mandiri akan injeksi modal ke startup. Apabila produknya berhasil, bisa saja produk atau platformnya digunakan oleh Mandiri," ujarnya.

Yang unik, MCI akan memfokuskan diri untuk menyaring sesuai dengan kebutuhan Bank Mandiri. Jadi mereka tidak melihat apakah startup tersebut sudah mature atau belum. (poy)

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section