1. HOME
  2. DIGITAL
WHATSAPP

Alasan WhatsApp Tinggalkan BlackBerry

WhatsApp tidak akan lagi tersedia untuk seluruh versi sistem operasi BlackBerry.

By Adhi 2 Maret 2016 18:16
WhatsApp (wired.com)

Money.id - Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, WhatsApp akan menghentikan dukungan mereka untuk sejumlah sistem operasi lawas seperti BlackBerry dan Windows Phone per 2017 mendatang.

Ini artinya, mulai tahun depan, para pengguna perangkat BlackBerry dan Windows Phone tak lagi bisa menikmati aplikasi chatting terpopuler di dunia tersebut. Sebagai catatan, WhatsApp saat ini sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di berbagai penjuru dunia.

Dalam blog resminya, pihak WhatsApp menjelaskan bahwa keputusan 'meninggalkan' BlackBerry diambil karena mereka ingin berfokus mengembangkan layanan di platfrom yang banyak digunakan orang, yakni Android dan iOS.

"Pandangan kami untuk tujuh tahun yang akan datang, kami ingin berfokus pada platform yang digunakan luas di dunia. Jadi pada akhir 2016 kami akan menghentikan dukungan ke perangkat-perangkat lawas," tulis WhatsApp dalam keterangannya.

Lebih lanjut dijelaskan, pada saat memulai operasionalnya pada 2009 silam, WhatsApp sebenarnya sangat mengandalkan para pengguna BlackBerry dan Nokia.

Namun, kini keadaannya jauh berubah, 80 persen pasar sistem operasi perangkat mobile dikuasai oleh Android besutan Google. Sementara sisanya didominasi oleh iOS milik Apple.

"Keputusan ini sangat berat, tetapi harus kami lakukan untuk meningkatkan kualitas," ujar WhatsApp.

Secara rinci, mereka mengungkapkan bahwa beberapa sistem operasi yang menjadi 'korban' penutupan dukungan WhatsApp adalah seluruh versi sistem operasi BlackBerry, Nokia S40, Nokia S60, Android 2.1 dan 2.2, serta Windows Phone 7.1.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section