1. HOME
    2. DIGITAL
FRESH

Takut Gagal Bangun Bisnis Startup? Ini Cara Mengatasinya!

Kegagalan tak lebih dari hasil yang Anda dapatkan, namun tak Anda inginkan.

By Rizki Astuti 27 Maret 2016 16:40
Ilustrasi Startup (startupconnection.net)

Money.id - Banyak calon pengusaha membiarkan rasa takut menguasai sehingga mereka gagal berbisnis startup. Mungkin semua karena statistik yang sering didengar bahwa 90% bisnis tersebut berakhir dalam waktu tiga tahun.

Ada banyak alasan mengapa startup gagal. Tapi takut bukan menjadi alasan Anda untuk tak memulai bisnis startup. Mengutip dari Addicted2succes, Minggu 27 Maret 2016, berikut enam strategi agar Anda bisa mengatasi rasa takut gagal, dalam memulai bisnis startup.

1. Definisi Gagal
Jika mempelajari kehidupan para pengusaha sukses Anda akan menemukan bahwa karier mereka penuh dengan 'kegagalan' sebelum mereka berhasil. Kegagalan adalah bagian dari kesuksesan. Kegagalan tak lebih dari hasil yang Anda dapatkan, namun tak Anda inginkan.

Kegagalan bukan sesuatu yang baik atau buruk, itu hanya sebuah umpan balik. Dengan belajar dan mengambil tindakan hingga membuat keputusan dari hal itu, Anda akan mendapat pelajaran mencapai kesuksesan.

2. Adu Pencapaian
Disarankan untuk mempelajari keberhasilan dan kegagalan pengusaha sukses, terlepas dari jenis bisnis atau industri mereka. Hanya saja, Anda disarankan agar tak membandingkan diri sendiri dengan mereka.

Dalam rangka membangun bisnis yang unik, Anda harus berpegang pada keunikan sendiri sebagai individu. Alasan harus berhenti membandingkan sangat sederhana, karena Anda bukan mereka, dan tak perlu mencoba untuk menjadi orang lain. 

Boleh mengagumi keberhasilan orang lain, tapi jangan iri. Boleh menghormati pencapaian pengusaha lain, tetapi fokus Anda adalah pada tujuan yang ingin dicapai.

3. Langkah ke Depan
Ketakutan adalah perasaan umum ketika Anda melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Anda mencoba sesuatu yang baru dan meninggalkan zona nyaman.

Namun bukan mundur kembali ke zona nyaman, setiap kali Anda merasa takut. Anda seharusnya merangkul rasa takut dan memuji diri sendiri karena memiliki keberanian untuk melangkah ke pengalaman baru.

Terus melangkah ke depan, meninggalkan zona kenyamanan maka dapat menciptakan pengalaman baru, dan rasa takut akan mereda.

Next: Cari Solusinya

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section