1. HOME
  2. DIGITAL
TWITTER

3 Jasa Twitter di Indonesia

Jejaring sosial berlogo burung biru itu kerap terlibat di berbagai momen penting.

By Adhi 21 Maret 2016 18:09
Twitter (phandroid.com)

Money.id - Twitter telah genap berusia 10 tahun. Dalam satu dekade kiprahnya, Twitter memiliki sekitar 300 juta pengguna aktif.

Asia, termasuk Indonesia merupakan salah satu penyumbang pengguna terbanyak Twitter. Hingga akhir 2015, diungkapkan bahwa jumlah pengguna Twitter tanah air mencapai lebih dari 50 juta akun.

Namun sayang, belakangan Twitter mulai ditinggalkan penggunanya. Para pengguna mulai beralih ke sejumlah media sosial lainnya. Salah satu yang paling populer di Indonesia saat ini adalah Path.

Akan tetapi, di Indonesia sendiri, Twitter bisa dibilang cukup berjasa. Jejaring sosial berlogo burung biru itu kerap terlibat di berbagai momen penting. Mulai dari momen gelaran politik, olahraga, hingga bencana alam.

Berikut adalah tiga jasa Twitter untuk netizen tanah air:

1. Penanggulangan bencana alam

Presiden Joko Widodo bersama rombongannya sempat mengunjungi markas Twitter pada Februari 2016 kemarin. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak Jack Dorsey cs untuk turut berperan dalam penanggulangan bencana dan situasi darurat di Indonesia.

Awal bulan maret 2016 ini, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) daerah Bengkulu dilaporkan telah memanfaatkan Twitter untuk mengampanyekan isu pengurangan risiko bencana. Mereka menilai Twitter adalah alat yang efektif untuk membuat masyarakat waspada akan penanggulangan bencana yang bisa datang tiba-tiba.

2. Meriahkan pesta politik

Saat pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015, media sosial yang berkantor di California tersebut mencatat ada lebih dari 450 ribu cuitan dengan tagar #Pilkada2015 dalam sebulan.

Di sisi lain, fenomena ini membuktikan kalau netizen Indonesia sudah mampu memanfaatkan media sosial sebagai wadah yang positif dan efektif untuk meningkatkan awareness terhadap hak bersuara.

Sebelumnya, pada Pilpres 2014, Twitter juga menjadi sarana kampanye bagi kubu-kubu yang berkepentingan.

3. Novelis Indonesia rilis buku lewat Twitter Poll

Awal tahun ini, Twitter menggandeng penulis Indonesia, Ika Natassa, untuk membuat buku pertama di dunia yang ditulis menggunakan bantuan Twitter Poll.

Kelahiran novel bertajuk The Architecture of Love tersebut sekaligus memopulerkan fitur Twitter Poll yang sudah hadir sejak Oktober 2015. Pada umumnya, fitur itu hanya digunakan untuk merangkum pendapat dan pilihan tweeps terkait suatu kasus atau hal. Namun, berkat inovasi Twitter dan Ika, fitur itu pun bisa dimanfaatkan untuk menunjang karya.

Baca juga:

Rahasia Katy Perry Jadi 'Ratu' Twitter
Asal-usul Logo `Burung Biru` Twitter
Penulis Indonesia Rilis Novel Pertama di Dunia via Twitter Poll

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section