1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

10 Tips Aman Bertransaksi Online

Dengan mengikuti tips ini dapat meningkatkan keamanan pembelian barang secara online

By Nur Chandra Laksana 20 Mei 2016 16:43
Ilustrasi Berbelanja Online (pexel.com)

Money.id - Menjamurnya e-commerce di Indonesia membuat beberapa orang lebih memilih berbelanja secara online dibandingkan berbelanja di toko fisik. Selain mudah, pilihan transaksi yang luas juga menjadi salah aspek yang membuat orang kini lebih memilih berbelanja di internet.

Mulai dari Cash on Delivery (COD), membayar dengan sistem transfer lewat ATM atau mobile banking, hingga menggunakan kartu kredit bisa dilakukan di beberapa e-commerce di Indoneisa.

Namun ada satu hal yang harus diperhatikan bagi Anda yang ingin bertransaksi secara online, yakni keamanan dari sebuah transaksi yang dilakukan secara Online.

Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana bertransaksi yang aman menggunakan kartu kredit saat bertransaksi secara onlnie. Penasaran apa saja tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatka keamanan saat bertransaksi secara online? Kalau penasaran, silahkan simak tipsnya berikut ini. Selamat membaca!


Tips Bertransaksi Aman di e-commerce

1. Lakukan transaksi jual beli maupun transfer dengan menggunakan komputer sendiri. Dengan transaksi melalui komputer sendiri, Anda sudah meminimalisir pencurian data.

2. Pasanglah antivirus atau antispyware yang dapat dipercaya pada perangkat komputer Anda. Antivirus dan antispyware akan melindungi komputer Anda dari serangan virus atau spyware yang dapat mencuri data perbankan Anda.

3. Pastikan url (alamat) situs tempat Anda melakukan transaksi memang benar. Hal ini penting karena sekarang banyak situs palsu yang tampilannya mirip dengan situs belanja online asli.

4. Pilihlah toko online yang dapat dipercaya dan memiliki reputasi serta kredibilitas yang baik. Untuk memastikannya Anda bisa menghubungi via telepon, email,atau mencari testimonial dari pembeli atau pelanggan. Jika pelayanannya mengecewakan, semakin banyak testimoni negatif di dunia online.

5. Ketika melakukan transaksi dengan kartu kredit, sebaiknya Anda mencatat hal-hal penting seperti nomor transaksi, besarnya biaya, serta nama orang atau lembaga yang ditransfer agar Anda sewaktu–waktu dapat meminta bank membatalkan transaksi bila ada kecurigaan.

6. Bila merasa ada hal yang aneh pada tagihan kartu kredit Anda, langsung hubungi bank bersangkutan untuk meminta klarifikasi atau pembatalan transaksi.

7. Selesai melakukan transaksi, jangan lupa keluar dari akun agar tidak ada orang lain yang bisa menggunakan akun Anda untuk bertransaksi. Agar lebih aman, sebaiknya Anda menghapus cache dan cookies.

8. Jangan pernah melakukan save passwords untuk situs-situs perbankan agar orang lain tidak bisa mengaksesnya tanpa sepengetahuan Anda.

9. Gunakan kartu kredit dengan limit paling rendah ketika bertransaksi di dunia online. Seandainya terjadi suatu hal yang tak diinginkan, kerugian Anda tidak akan terlalu banyak.

10. Jangan memberikan digit angka yang ada di belakang kartu kredit Anda kepada orang lain karena hal tersebut bersifat rahasia.

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section