1. HOME
  2. DIGITAL
WHATSAPP

1 Miliar Pengguna WhatsApp Ternyata Hanya Diurusi 57 Orang

CEO WhatsApp, Jan Koum, telah mengonfirmasi kabar ini.

By Adhi 3 Februari 2016 12:43
CEO WhatsApp, Jan Koum (thenextweb.com)

Money.id - WhatsApp belum lama ini mengumumkan pencapaian luar biasanya. Aplikasi pesan instan (chatting) milik Facebook ini menyebutkan bahwa kini mereka telah memiliki 1 miliar pengguna aktif di berbagai penjuru dunia. Ini artinya, 1 dari 7 orang di muka bumi merupakan pengguna WhatsApp.

Sebuah pencapaian hebat tentunya. Namun, selain urusan jumlah pengguna, ternyata masih ada hal hebat lainnya di WhatsApp. Penasaran?

Menurut yang dilansir laman Mirror, Rabu 3 Februari 2016, pengguna WhatsApp yang sampai 1 miliar itu faktanya hanya diurusi oleh 57 insinyur.

Melalui laman akun Facebook pribadinya, CEO WhatsApp Jan Koum telah mengonfirmasi kabar ini.

Ia mengungkapkan, "Saat WhatsApp digunakan oleh 450 juta orang, kami hanya memiliki 35 insinyur. Kini, kami hanya memiliki 57 insinyur."

Koum menegaskan, salah satu kunci kesuksesan WhatsApp memang terletak pada dinamisme dan kekompakkan sebuah tim kecil. Dalam tim kecil, Koum meyakini kesamaan visi dan komunikasi dalam bekerja akan lebih mudah terbentuk dibanding kelompok kerja lebih besar.

'Rahasia Dapur' WhatsApp

Hanya dengan berbekal 57 insinyur, WhatsApp sukses melayani 1 miliar penggunanya di seantero dunia. Hebatnya, para pengguna WhatsApp jarang mengalami gangguan. 

Jamshid Mahdavi, WhatsApp Software Engineer, mengatakan bahwa ada dua faktor kesuksesan kinerja WhatsApp. Yang pertama adalah adalah penggunaan bahasa pemrograman yang disebut 'Erlang'. Dan yang kedua adalah sistem operasi komputer yang disebut 'FreeBSD'.

Bahasa pemrograman Erlang diakui tidak populer di kalangan para insinyur komputer yang notabene para ahli coding. Namun begitu, Mahdavi mengatakan bahwa Erlang sangat cocok untuk jenis aplikasi (layanan) yang memiliki jumlah pengguna masif seperti WhatsApp.

Dengan Erlang, para insinyur di WhatsApp dapat dengan cepat membuat kode (coding), atau memodifikasi kode. Sementara FreeBSD, sistem operasi ini berfungsi untuk menyederhanakan sistem kerja aplikasi.

"Semuanya sederhana, sama seperti WhatsApp. Kami sederhana!" Kata Mahdavi.

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section