1. HOME
  2. DIGITAL
SMARTPHONE

Bukan Mitos, Smartphone Terbukti Picu Kanker!

Penelitian ini memakan waktu dua tahun dan 'mengikutsertakan' 2.500 tikus percobaan.

By Adhi 31 Mei 2016 06:06
Ilustrasi pengguna smartphone (mewsofindia.com)

Money.id - Debat panjang seputar keterkaitan smartphone yang diduga dapat memicu kanker terus berlanjut.

Terkini, menurut kelompok ilmuwan dari US National Toxicology Programm, mereka mengklaim telah berhasil membuktikan bahwa gelombang radiasi smartphone memang dapat memicu --memperbesar potensi-- timbulnya kanker.

Ya, tim ilmuwan itu mengaku berhasil menemukan bukti bila terdapat hubungan antara penggunaan smartphone dan kemunculan kanker otak. Lewat penelitian yang bermediakan tikus, disebutkan gelombang radio dari smartphone berpotensi memicu munculnya tumor di otak dan jantung.

Penelitian ini memakan waktu dua tahun dan 'mengikutsertakan' 2.500 tikus. Setiap tikus dengan seksama diteliti dan dipaparkan pada radiasi gelombang radio selama 9 jam per hari, setiap hari selama 2 tahun.

Menariknya, tikus yang akhirnya memiliki tumor adalah pejantan saja, sementara betina tidak sama sekali. Sekitar 2-3 persen tikus jantan menderita tumor otak, sementara 1-6 persen menderita tumor di jantung.

Walaupun peluang kemunculan kanker kecil, namun ilmuwan mewanti-wanti bila sebaiknya para pengguna smartphone --dan perangkat bergelombang radio lainnya-- mengurangi waktu pemakaian, apalagi hingga berjam-jam tanpa jeda.

Di sisi lain, menurut yang dikutip dari lamn Techworm, Senin 30 Mei 2016, ada kelompok ilmuwan lain yang tidak terlalu khawatir melihat hasil penelitian tersebut. Salah satunya adalah Profesor Kevin McConway dari The Open University.

Menurut sang Profesor, rata-rata manusia tidak akan menghabiskan waktu cukup lama dengan smartphone hingga mendapat radiasi yang cukup seperti yang didapat oleh tikus-tikus percobaan yang mereka gunakan.

Bagaimana, apakah Anda setuju?

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section